Saturday, February 11, 2017

Are We Scared to Be Lonely?

0

Pagi ini, saat membuka laman Youtube, saya menemukan lagu ini di kolom Recommended:


Kesan pertama dari lagu ini: beat-nya mantap, terus suara penyanyinya lumayan lah. Saya suka lagu ini. Jadi, alih-alih skip ke lagu lain, saya repeat play.

Kesan kedua, ketiga, dan seterusnya: liriknya deep banget. Kalau kita coba dengerin lagu ini beberapa kali, pasti dapet maksud dari lagu ini.

 Menurut saya, pas sekali lagu ini rilis menjelang hari Valentine, hari yang katanya orang-orang hari para pasangan bersuka cita dan yang jomblo berduka cita. Intinya, di Scared to Be Lonely, liriknya kurang lebih bercerita tentang satu pasangan yang susah melepaskan satu sama lain karena bisa saja mereka takut menjomblo. Meskipun hubungan mereka penuh pertengkaran dan ketidakcocokan, mereka tetap lanjut. 

All the fucked up fights
And slamming doors
Magnifying all our flaws
And I wonder why
Wonder what for
It's like we keep coming back for more


Dan bagian refrain menurut saya sangat mengena:


Is the only reason you're holding me tonight
'Cause we're scared to be lonely?
Do we need somebody
Just to feel like we're alright?


Dari sini, saya mulai berpikir bagian ini bener banget. Kadang kita ngerasa jadi jomblo itu kesepian, suram, ngenes, nggak ada enak-enaknya. Sementara itu, yang pacaran lebih enak. Kadang juga kita susah buat ngomong putus, soalnya dunia jomblo di luar sana kelihatannya dingin, gelap, sendirian. Kita bisa jadi bukan takut kehilangan hubungan, tapi kita takut kehilangan kebahagiaan. Pertanyaannya, apakah kita memang perlu orang lain untuk bahagia? Apakah kita nggak bisa bahagia dari diri kita sendiri?

Ada banyak filosofi tentang kebahagiaan yang bisa dibaca sendiri di sini, dan saya nggak akan mengulas lebih jauh. Dari filosofi-filosofi tadi, sudah kelihatan kalau kebahagiaan bisa bersumber dari macam-macam hal, nggak cuma dari pasangan hidup. Contohnya, saya sudah 18 tahun menjomblo di hari Valentine, dan mungkin akan jadi 19 tahun di tahun ini. Tapi, apakah saya terlihat se-desperate itu karena jomblo yang nggak berkesudahan?

Nggak. Saya bahagia sekarang. Karena saya sadar kalau dengan atau tanpa pasangan, saya bisa bahagia dan nggak merasa kesepian. Saya punya hobi, teman-teman, dan keluarga yang luar biasa di sini. Dan itu masih sebagian kecil yang saya sebutkan.

Sekarang saya balik pertanyaannya, gimana dengan kamu? Kesepian nggak kalau tanpa pasangan hidup? Udah bahagia belum sekarang? Pesan saya cuma satu sih: kamu bisa bahagia, sendirian ataupun berdua ataupun beramai-ramai. Jadi, jangan lupa bahagia.



0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com