Thursday, August 3, 2017

Kuliah Itu Lebih Bebas?

2

Banyak adik kelas saya yang pengen cepat-cepat kuliah. Katanya, mereka capek harus duduk terus di kelas dari jam 7 pagi sampai 3 sore. Nggak terus-terusan juga sih, soalnya kepotong jam istirahat. Tapi, tetep saja duduknya lama. Lalu, mereka juga capek lantaran harus pakai seragam terus setiap ke sekolah. Belum lagi ketentuan-ketentuan lain seperti rambut nggak boleh melebihi kerah, alis, dan telinga buat yang cowok, dilarang pakai sepatu berwarna, sampai dilarang mengecat rambut. Pokoknya, kata mereka, kuliah itu bebas sebebas-bebasnya!

Untuk masalah akademik, jamnya lebih fleksibel. Bisa milih gitu katanya. Jamnya nggak full kayak waktu sekolah. Untuk masalah kelas, enak banget bisa pindah-pindah. Banyak sekolah di Indonesia yang belum pakai sistem moving class, jadi mungkin banyak yang baru merasakan hal demikian setelah lulus SMA. Kalau waktu sekolah, biasanya absen dua kali aja udah ribet perkaranya ke wali kelas sama guru BK.

Duh, pengen cepet kuliah! Katanya sih gitu.

Katanya lebih bebas waktu sudah kuliah.

Kenyataannya?

Jawabannya, ya. Tapi nggak sepenuhnya bener.

Kenapa?

Kita bahas pelan-pelan di bawah, ya.

Pertama-tama, jam kuliah itu memang nggak full kayak pas sekolah. Ada jedanya, dan jedanya bisa lama banget, sampai 3-4 jam. Tapi, itu nggak bener-bener hasil pilihan kita. Jadi nggak sepenuhnya bebas untuk masalah jam kuliah.

Kok bisa?

Begini, di beberapa kampus ada peraturan yang mewajibkan mahasiswa barunya (tahun pertama) untuk mengambil sistem kuliah paket. Ya, sudah kelihatan kalau jadwalnya nggak bisa diubah-ubah lagi. Kalau di jadwalnya nulis kamu harus masuk kelas jam 7 pagi, ya itu jadwalmu suka nggak suka. Pengalaman saya sendiri sih, nggak suka bangun pagi tapi hampir semua kelasnya mulai jam 7 pagi.

Terus, waktu kita udah punya kebebasan ngambil mata kuliah, ada perang saudara yang "berdarah-darah" antara kamu sama teman-teman seangkatan, bahkan angkatan lain. Bener sekali, rebutan kelas. Jadi, biasanya di kebanyakan kampus akan menentukan hari untuk mengisi formulir/kartu rencana studi lewat akun masing-masing. Nah, di hari tersebut para mahasiswa sudah siap-siap sama laptop plus koneksi internet yang super kenceng, katanya sih biar nggak lemot waktu loading list kelasnya. Begitu jumlah pemilih suatu kelas sudah sampai batas maksimum, kelas tersebut dinyatakan sudah penuh. Mau nggak mau, mereka yang nggak kebagian harus ambil jam yang berbeda dengan dosen yang berbeda. Nah, biasanya kelas-kelas sisa ini ada dua kemungkinan: dosennya nggak disukai mahasiswa dan/atau jam mulai kuliahnya ngganggu waktu istirahat banget (pagi atau sore banget).

Kelihatan kan kalau sebenarnya milih jam kuliah nggak bebas-bebas banget? Lebih ribet dari zaman anak sekolahan malah.

Yang kedua, untuk aturan berpakaian, memang nggak ada ketentuan seragam kecuali untuk jurusan-jurusan tertentu. Bahkan, ada dosen yang memperbolehkan mahasiswanya pakai kaos oblong sama celana jins doang. Contohnya kelas-kelas di jurusan Desain ITS. Tapi, kebebasan di sini yang dimaksud adalah kebebasan yang bertanggung jawab. Nggak mungkin kan ke kampus pakai sandal jepit sama celana pendek? Amannya minimal kaos berkerah sama celana panjang yang nggak terlalu ketat sama sepatu tertutup. Robek-robek? It's a big no no. Dosen sudah tahu kalau mahasiswanya udah dewasa. Udah bisa menakar sendiri berpakaian yang sopan itu seperti apa, makanya biasanya nggak ada aturan yang ketat masalah berpakaian di kampus.

Yang ketiga, masalah nggak masuk kelas dan nggak ngerjain tugas. Memang, dosen nggak terlalu masalahin kamu masuk kelas apa nggak. Tapi, ada tapinya. Ada batas minimal kehadiran supaya bisa ikut ujian. Biasanya 75-80% kehadiran. Nah, berarti nggak bisa dong bolos terus, waktu ujian aja baru muncul. Dosen juga termasuk cuek apa mahasiswanya udah ikut ujian atau ngumpulin tugas. Terserah kamu. Balik lagi ke atas, kan kamu udah dianggap dewasa. Udah tau apa konsekuensi dari perbuatan sendiri, nggak perlu diomelin lagi kayak waktu sekolah.

Setelah baca-baca di atas, masih nganggep kuliah itu lebih enak karena lebih bebas? Belum tentu, kadang tanggung jawab untuk mandiri selayaknya mahasiswa yang udah dewasa itu malah menakutkan.

Tapi itulah yang membuat kita belajar dan berkembang.

2 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com