Monday, January 1, 2018

Kita Semua Takut

0

Kita semua pernah takut.

Waktu masih kecil, kita takut pergi ke toilet sendirian karena gelap. Kita takut pergi ke tempat sepi sendirian karena takut diculik atau takut lihat hantu.

Kita semua pernah takut.

Waktu masih remaja, kita takut nggak bisa dapat nilai bagus di sekolah. Kita takut nggak punya teman sebangku atau sekelompok. Kita takut nggak punya pacar ketika teman-teman kita sudah punya pacar.

Kita semua pernah takut.

Waktu sudah kuliah dan menuju sarjana, kita takut akan masa depan lebih daripada sebelumnya. Kita takut jadi sarjana kosongan, sarjana yang hanya punya gelar tanpa ilmu karena hari-hari di kelas dihabiskan dengan titip absen, tidur, dan main. Sarjana yang hanya punya gelar tanpa pencapaian dan pengalaman karena setelah kuliah langsung pulang ke rumah atau kost tanpa ikut organisasi atau lomba. Sarjana yang hanya punya gelar tanpa koneksi karena merasa semua itu nggak ada gunanya; koneksi bisa nanti-nanti aja. Kita takut nggak bisa kerja. Kita takut nggak bisa punya kehidupan yang stabil buat menunjang kita sendiri dan calon keluarga kita.

Kita semua pernah takut. Kita semua sedang takut. Kita semua akan takut.

Meski begitu, bebaskan, temanku. This too, shall pass. Lakukan yang terbaik.

Semangat.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com