Thursday, July 16, 2015

Diserang sama Anon

0

Belakangan ini, saya suka main media sosial, termasuk ask.fm. Cara pakainya mudah saja, tinggal cari teman di sana, lalu tanyakan apa pun. Orang juga tentunya bisa tanya sama kita. Simpel, kan? Oh, ya, kita bisa pakai fitur “ask anonymously” alias nanya sebagai anon. Anon ini kependekan dari anonim. Jadi, nanti yang ditanya nggak akan tahu siapa yang tanya ke dia. Cocok buat tanya-tanya pacar baru mantan. *maaf jangan galau*

Masalahnya, fitur anon sekarang makin nggak dipergunakan sebagaimana mestinya. Berbanding lurus dengan makin banyaknya pengguna ask.fm. Kayaknya orang lebih berani menutupi identitas dengan anonimitas. Sebagai sarana ngumpet dari serangan, katanya. Yah, menurut saya ini mirip tukang begal yang pakai penutup wajah supaya nggak ketahuan.

Iya, ada anon-anon ngawur yang mengejek pengguna lain melalui fasilitas ini. Nama fiturnya ask, tapi pertanyaannya sering berakhir dengan tanda seru. Bruh. The society is fucked up. Seringkali, saya menemukan olok-olokan ini di menu beranda. Mentang-mentang nggak ketahuan namanya, akhirnya ejek semaunya. Dan jenis olok-olokannya macam-macam, mulai dari yang mengejek penampilan atau citra diri, lalu ada yang menyinggung keluarga, sampai menghina SARA. Duh, kayaknya ganas banget. Kadang ada juga yang nggak ngejek, tapi tanyanya nggak sopan. Misal tanya ukuran pakaian dalam cewek. Itu orang fetish banget ya.

Lalu, apa respon orang-orang yang disinggung? Berdasar pengamatan, saya bisa mengelompokkan menjadi empat tipe:

1.      Tipe minyak tanah: tersulut api, langsung terbakar.
2.      Tipe isolator panas: memang terbakar, tapi nggak terlalu parah dibanding tipe pertama.
3.      Tipe fireproof: tahan api.
4.      Tipe pura-pura mampus: anggep nggak ada api sama sekali.

Oke, kita ulas satu per satu. Kalau tipe minyak tanah ini, biasanya begitu anon-anon mulai menghujat dengan pertanyaan-yang-bukan-pertanyaan, dia langsung balik nyerocos. Sebutlah orang misterius itu mengejek hidupnya yang agak hedon. Tipe pertama ini bakal menanggapi dengan jawaban yang balik merendahkan, meski niat penanya ini bukan mengejek, tapi sedikit mengkritik. Misalnya jawaban yang bilang kalau penanya pasti iri gara-gara terlalu miskin dan sebagainya. Sering ada kata makian juga sembari menyuruh anon untuk menunjukkan identitasnya. Terus anon tanya lagi, dan orang ini jawab yang merendahkan lagi. Telanjur panas.

Tipe kedua bisa terpancing kalau diserang sama anon, tapi nggak terlalu parah. Anggap aja anon ini merendahkan keluarga yang ditanya. Nah, tipe kedua ini menyindir secara halus. Ngakunya sih nggak marah, tapi tetap aja kepancing buat jawab. Justru tujuan anon kasih ejekan yang aneh-aneh itu supaya dijawab. Supaya di­-notice sama Senpai.

Tipe ketiga ini adem ayem saja kalo diejek. Yah, seringnya dia nggak jawab pertanyaan. Dibiarkan aja di kolom questions. Kalaupun jawab, mungkin dia jawab dengan santai kayak, “Terus?” atau mungkin kasih nasihat singkat. Agak beda sama tipe pertama dan tipe kedua.

Tipe keempat yang lebih cuek. Dia hapus saja pertanyaan bernada nyinyir yang masuk. Atau bahkan sampai hapus akun ask.fm-nya. Cari aman gitu. Orang ini tipenya memang “don’t give a fuck.” Anggepannya kalau nggak mau sama-sama kebakar, jangan biarkan dirimu disulut api atau menyulut api.

Saran saya, lebih baik cerna dulu pertanyaan yang masuk. Kalau kritiknya memang sesuai kenyataan dirimu, ya bilang saja makasih ke anon itu. Dijamin dia nggak bacot lagi. Masih nanya aneh-aneh lagi? Ya jangan dijawab. Kalau nggak sesuai kenyataan atau sekadar merendahkan, ya jangan ditanggapi. Hidup kan lebih damai tanpa debat-debatan berunsur kebencian kayak gitu. Saya punya sedikit analogi: ada orang yang berjarak sekitar satu jengkal darimu, lempar granat ke arahmu, terus kamu lempar balik ke si pelempar. Lalu dia lempar lagi ke kamu. Begitu terus sampai akhirnya meledak. Salah satu pasti rugi, kan? Coba kalau waktu kita dilemparin, langsung buang aja granatnya?

Yah, coba dipahami sendiri maksudnya.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com